GrowOnline

Digital Marketing: Definisi dan Pola Penerapan untuk Kegiatan Bisnis

Definisi Digital Marketing

Digital Marketing: Definisi dan Pola Penerapan untuk Kegiatan Bisnis – Jika kamu menggeluti dunia bisnis, pastinya sudah cukup lazim mengenal tentang istilah digital marketing atau pemasaran digital. Istilah ini sendiri dalam beberapa dekade terakhir cukup lazim diketahui atau diucapkan saat membahas mengenai dunia bisnis atau perekonomian. Namun, bagi kamu yang menggeluti dunia bisnis apakah sudah mengerti dari definisi digital marketing secara menyeluruh?

Digital marketing sendiri merupakan sebuah strategi pemasaran yang cukup populer di era yang sudah serba modern atau digital seperti sekarang. Hampir seluruh pihak yang terjun dalam dunia bisnis atau menjadi produsen dari suatu produk bisa memanfaatkan strategi digital marketing yang pemasarannya melalui media online atau internet.

Definisi dari Digital Marketing

Seperti yang telah dijelaskan secara singkat di atas, pengertian digital marketing adalah sebuah kegiatan strategi pemasaran yang mencakup promosi sebuah produk atau brand tertentu menggunakan platform digital atau internet. Dengan kata lain, digital marketing sejatinya secara konsep hampir sama dengan strategi pemasaran pada umumnya. Akan tetapi, media yang digunakan lebih mencakup platform online seperti media sosial.

Di era modern seperti sekarang ini, digitalisasi seperti media online tak dapat dipungkiri sudah merambah ke semua lini masyarakat. Bahkan, masyarakat golongan menengah ke bawah juga dapat menikmati digitalisasi di era modern seperti sekarang ini. Hal inilah yang membuat strategi pemasaran menggunakan platform digital yang kemudian disebut digital marketing menjadi laris manis digunakan oleh banyak perusahaan atau produsen.

Hal ini didasarkan mengenai penarikan konsumen atau calon pembeli sebanyak-banyaknya melalui dunia digital. Kebiasaan masyarakat di era kini yang hampir 24 jam nonstop diharapkan menjadi salah satu peluang bagi para produsen atau pemilik usaha untuk memasarkan produknya dan menarik atensi dari masyarakat yang kelak bisa menjadi calon konsumen. Atas dasar inilah banyak perusahaan saling berlomba-lomba membuat konten yang menarik agar kian memperbesar peluang menarik minat pembeli.

Beberapa Jenis Digital Marketing dan Kelebihannya

Dalam menjalankan metode atau strategi digital marketing, ada beberapa platform atau cara yang dapat dikategorikan sebagai digital marketing. Beberapa teknik digital marketing tersebut antara lain:

  • SEO (Search Engine Optimization)
  • Periklanan digital melalui social media seperti TikTok, Instagram, Facebook atau platform lainnya.
  • Iklan atau promosi berbayar melalui media seperti Google Ads, Facebook Ads, Youtube Ads atau Instagram Ads.
  • Periklanan di media digital seperti melalui televisi atau radio.
  • Iklan elektronik papan billboard
  • Pemasaran melalui email

Beberapa teknik yang disebutkan di atas adalah beberapa cara atau media yang lazim digunakan untuk melakukan digital marketing. Ada pula cara lainnya dalam menerapkan digital marketing seperti melalui broadcast melalui media sosial whatsapp, direct message instagram ataupun beberapa teknik lainnya. Tentunya teknik tersebut akan disesuaikan dengan target pasar yang ingin dicapai.

Penerapan digital marketing sendiri tentunya juga memiliki beberapa kelebihan mendasar. Kelebihan inilah yang menjadikan strategi pemasaran secara digital menjadi lebih diminati dibandingkan strategi pemasaran konvensional yang cenderung tradisional. Berikut adalah beberapa kelebihan dari penerapan strategi digital marketing.

1. Kecepatan dalam penyebaran informasi

Tak dapat dipungkiri bahwa digitalisasi yang kian masif dalam beberapa tahun terakhir ini membuat banyaknya info yang dapat dengan mudah dan cepat diterima oleh masyarakat. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan dalam penerapan digital marketing untuk menjangkau masyarakat melalui kecepatan penyampaian informasi berupa iklan produk tertentu

2. Menjangkau Pangsa Pasar yang Lebih Luas

Digital marketing tak dapat dipungkiri dapat menawarkan jangkauan pangsa pasar potensial yang lebih luas. Promosi atau pengiklanan melalui media internet dan digital membuat banyak orang lebih mengetahui produk yang kamu tawarkan dan tidak terbatasi oleh lingkup geografis. Hal ini menjadi keuntungan utama dari penerapan strategi digital marketing.

3. Lebih Efektif

Penerapan digital marketing yang bekerja melalui dunia maya tentunya membuat kinerja bagian pemasaran dalam sebuah perusahaan lebih efektif dan tidak memerlukan tenaga yang terlalu banyak. Bahkan, dari segi pengeluaran biaya juga diklaim digital marketing lebih murah dibandingkan metode pemasaran secara tradisional. Hal ini tentunya membuat banyak perusahaan sudah beralih ke digital marketing dan meninggalkan pemasaran secara tradisional.

Penerapan Strategi Digital Marketing

Banyak jenis digital marketing tentunya membuat penerapan strategi ini menjadi memiliki banyak langkah yang bisa dilakukan untuk mendukung keberlangsungan bisnismu. Akan tetapi, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan jika kamu ingin melakukan penerapan digital marketing dalam bisnis yang kamu lakukan. Berikut adalah beberapa langkah penerapan digital marketing.

1. Mulai Mendefinisikan Tujuan Bisnismu

Langkah pertama yang tentunya perlu kamu lakukan dalam menerapkan digital marketing adalah mulai mendefinisikan tujuan dari bisnis yang akan atau sedang kamu lakukan. Kamu perlu memetakan tujuan jangka pendek, menengah dan panjang untuk bisnismu kedepannya. Tujuan ini sendiri tentunya harus terukur, realistis dan bisa dicapai dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, relevansi dengan beberapa faktor tertentu seperti model penjualan juga menjadi bahan pertimbangan dalam mendefinisikan tujuan dari bisnis tersebut.

2. Mengenali Target Audience atau Calon Konsumen

Langkah berikutnya yang tidak kalah penting adalah kamu perlu mengetahui calon audience atau calon konsumen dari model bisnis nantinya. Di tahap ini, kamu perlu mengetahui siapa saja calon audience dan apa yang mereka butuhkan untuk menunjang keberlangsungan bisnismu. Umumnya dalam tahap ini akan dilakukan pula metode analisis yang menggunakan beberapa data seperti jumlah penduduk, penghasilan, usia dan beragam data demografi lainnya. Kamu juga perlu memahami secara rinci mengenai target audience yang ingin kamu jangkau nanti.

3. Memilih Platform Digital yang Sesuai

Langkah selanjutnya adalah memilih platform atau media yang sesuai untuk menjalankan digital marketing bisnismu. Dalam tahap ini, kamu perlu memilah mana platform digital yang sesuai untuk memasarkan produk atau mempromosikan bisnismu. Ada beberapa platform yang umum digunakan dalam memasarkan produk dengan strategi digital marketing. Mulai dari media sosial terkini, pesan email, Search Engine Optimization, konten-konten iklan hingga pesan broadcast berbayar. Kamu tentunya tidak harus menggunakan semua media atau platform tersebut. Akan tetapi, pilih beberapa saja yang paling memungkinkan untuk menjangkau audience.

4. Membuat Konten yang Menarik dan Berkualitas

Langkah keempat dalam memanfaatkan Digital Marketing untuk bisnismu adalah perlunya membuat konten yang berkualitas dan tentunya menarik audience. Hal ini setelah kamu memilih platform apa yang akan digunakan, maka membuat konten yang dapat menarik minat audience atau calon konsumen adalah hal utama yang perlu dilakukan di tahap ini. Tentunya semakin berkualitas dan menarik konten tersebut, maka peluang untuk menarik audience akan kian besar pula.

5. Pantau dan Ukur Perkembangan Digital Marketing Perusahaanmu

Langkah ini merupakan hal yang cukup penting dalam penerapan strategi digital marketing untuk bisnismu. Kamu perlu memantau setiap kemajuan atau apapun dalam penerapan digital marketing di bisnis yang kamu jalankan. Hal ini bertujuan agar progress pemasaran bisnismu tetap dalam rencana awal dan terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.