Digital Marketing: Strategi Pemasaran Modern yang Penting Untuk Diterapkan Perusahaan – Dalam membangun sebuah bisnis atau perusahaan tertentu. Pihak produsen atau pemilik bisnis tersebut tentunya harus memikirkan bagaimana perusahaannya dapat bersaing dengan pasar global dan bertahan dari kerasnya persaingan di dunia ekonomi atau bisnis. Salah satu cara agar perusahaan atau bisnis seseorang dapat bertahan adalah dengan menggencarkan strategi pemasaran yang memadai dan memiliki prospek tinggi.
Di era modern seperti sekarang ini, strategi pemasaran yang lazim digunakan oleh sebuah perusahaan dalam mempromosikan atau menawarkan produk yang dihasilkannya adalah dengan cara digital marketing. Digital marketing sendiri adalah suatu metode atau strategi pemasaran yang menitikberatkan penggunaan platform atau media digital sebagai wadah promosinya.
Digital marketing ini sendiri lebih menggunakan pemanfaatan teknologi digital seperti media sosial, papan iklan elektronik, iklan di televisi atau radio dan beberapa platform digital lainnya. Secara garis besar, digital marketing tentunya dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas daripada metode pemasaran secara tradisional atau traditional marketing.
Cakupan Digital Marketing
Digital marketing bisa dibilang sebagai salah satu strategi pemasaran yang selalu berevolusi atau mengikuti perkembangan zaman sesuai dengan kemajuan teknologi di masa itu. Digital marketing juga memiliki cakupan yang cukup luas dalam media atau platform yang lazim digunakan. Hal ini tentunya tergantung dengan apa platform atau media yang diperlukan dari perusahaan tersebut.
Beberapa media seperti SEO (Search Engine Optimization), PPC (Pay-Per-Click), SEM (Search Engine Marketing), media sosial, konten marketing dan email marketing merupakan beberapa contoh digital marketing yang lazim digunakan saat ini. Konten-konten yang ada atau hadir melalui platform digital marketing di atas tentunya memiliki tujuan untuk menarik audiens atau calon konsumen sebanyak-banyaknya yang menjadi target dari perusahaan penggunanya.
Di sisi lain, digital marketing yang kian meluas juga memungkinkan munculnya banyak pekerjaan baru atau penyedia jasa pembuatan konten untuk digital marketing. Mulai dari munculnya jasa copywriting untuk penulisan di media dengan tujuan promosi, pembuatan konten grafis seperti videografis atau iklan digital, serta beberapa penyedia jasa lainnya adalah salah satu bentuk contoh perluasan digital marketing yang memiliki andil besar untuk perekonomian secara global.
Baca Juga Jenis-Jenis Digital Marketing yang Lazim Digunakan dalam Dunia Bisnis
Alasan Perusahaan Perlu Menerapkan Strategi Digital Marketing
Berdasarkan uraian singkat di atas, digital marketing memang telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan atau diabaikan dalam dunia pemasaran atau perekonomian saat ini. Digital marketing yang dapat mempromosikan barang atau produk jasa dari sebuah perusahaan secara mudah, sederhana dan murah menjadi salah satu daya tarik mengapa metode pemasaran ini sangat digemari di era modern yang serba digital seperti sekarang ini.
Selain itu, pentingnya digital marketing dalam bisnis anda adalah dengan dapat mengukur secara akurat kinerja promosi atau pemasaran produk yang anda hasilkan. Hal ini umumnya dilakukan melalui analisis mendalam yang dilakukan oleh bagian pemasaran dalam sebuah perusahaan. Cara ini tentunya perlu dilakukan agar perusahaanmu dapat mengambil evaluasi mengenai penerapan digital marketing yang sesuai dengan target pasar yang dikehendaki dan dapat melakukan update strategi secara real-time.
Dengan kata lain, menerapkan metode digital marketing dalam bisnis anda bukanlah sebuah keharusan semata. Melainkan hal ini bisa menjadi sebuah langkah proaktif yang dapat menjadi bagian dari langkah anda dalam memastikan perusahaan atau model bisnismu tetap berjalan dan siap menghadapi persaingan secara lebih luas.
Lebih lanjut lagi, penerapan digital marketing yang dilakukan oleh sebuah perusahaan ternyata memiliki banyak alasan penting lainnya, yakni:
1. Membuat Konsumen Lebih Tertarik
Salah satu hal yang mungkin menjadi aspek utama mengapa digital marketing sangat penting adalah dari segi ketertarikan konsumen. Di era modern yang serba digital seperti sekarang ini, platform digital seperti media sosial sudah menjadi ‘barang wajib’ bagi hampir seluruh orang di dunia. Bahkan, orang-orang jaman sekarang kemungkinan tak bisa hidup tanpa media sosial.
Konsep inilah yang kemudian menjadi tolak ukur mengapa pemasaran melalui platform digital kian merambah seluruh lapisan masyarakat. Banyak perusahaan berlomba-lomba mempromosikan produknya kepada audiens atau calon konsumen agar membeli barang mereka. Hal ini membuat perusahaan atau model bisnis yang tak menerapkan digital marketing dipastikan akan dengan mudah tersingkir atau kalah saing.
2. Jangkauan Pasar Lebih Luas
Digital marketing yang tak terbatas oleh ruang dan waktu juga menjadi salah satu alasan mengapa metode pemasaran semacam ini perlu dilakukan oleh perusahaan atau model bisnis yang sedang anda geluti. Promosi melalui media sosial dan iklan berbayar semacam google ads tentunya akan dijangkau oleh banyak audiens yang tak hanya secara lokal semata, namun juga dapat merambah ke audiens internasional.
Selain itu, pemasaran melalui digital marketing juga bisa menjangkau calon atau target konsumen yang dikehendaki oleh perusahaan tersebut. Contohnya adalah seseorang yang memiliki hobi memelihara kucing pastinya akan sering melakukan penelusuran online melalui website atau mesin pencari mengenai hobi tersebut. Hal ini menjadi peluang dimana iklan tertentu yang memiliki keterkaitan dengan dunia kucing akan muncul di laman pencarian orang tersebut.
3. Memberikan Nilai atau Komitmen Bisnis yang Menjangkau Secara Online
Salah satu alasan yang menjadikan perusahaan atau metode bisnis tertentu menerapkan strategi digital marketing di era sekarang adalah karena untuk menjaga komitmen terhadap para konsumen atau calon pembeli. Di era sekarang, hampir susah ditemui toko atau perusahaan yang tak memakai digital marketing sebagai bentuk pemasarannya. Hal ini memiliki keterkaitan dengan menjangkau dunia online sekaligus membentuk nilai atau komitmen perusahaan.
Dengan menerapkan digital marketing, perusahaan atau toko tersebut akan memberikan dampak psikis kepada audiens atau calon konsumen dengan memberikan anggapan bahwa bisnis tersebut mau berkembang dan mengikuti zaman. Secara tak langsung, hal ini dapat meningkatkan kepercayaan konsumen kepada model bisnis kita.
4. Memberikan Pemahaman Lebih Rinci Terhadap Konsumen
Digital marketing sejatinya bukan hanya sebagai wahana promosi produk atau jasa perusahaan semata. Namun, juga dapat menjadi media komunikasi dari para konsumen atau audiens mengenai model bisnis atau produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Dengan kata lain, digital marketing juga bisa menjadi tolak ukur dari penilaian kepuasan pelanggan dari produk perusahaan tersebut.
Dengan mengetahui penilaian dari konsumen, perusahaan tersebut dapat melakukan evaluasi dan mengambil kebijakan kedepannya. Hal ini tentunya menjadi sangat penting mengingat keberlangsungan sebuah perusahaan memang memiliki andil dari tingkat kepuasan konsumen dari produk atau jasa yang dibeli tersebut.
5. Membuat Bisnis Kian Dinamis dan Bisa Terintegrasi dengan Pemasaran Tradisional
Hal yang cukup unik dari digital marketing adalah metode ini bisa dikombinasikan dengan strategi pemasaran tradisional atau traditional marketing. Meskipun teknik pemasaran tradisional seringkali dianggap kuno, akan tetapi strategi tersebut masih memiliki target pasarnya tersendiri. Salah satunya adalah orang-orang berusia lanjut atau orang-orang yang tak memiliki kecakapan media digital yang baik.
Hal ini membuat digital marketing menjadi kian dinamis dan bisa saling bersinggungan dengan strategi pemasaran tradisional. Pemasaran seperti papan iklan billboard dan iklan televisi atau radio merupakan salah satu penerapan kombinasi dari penggabungan digital marketing dan traditional marketing. Iklan di televisi atau di radio maupun di papan billboard diibaratkan semacam pamflet atau poster yang bisa menjangkau orang-orang yang memiliki keterbatasan perihal teknologi.
Nah, itulah beberapa alasan mengapa penerapan digital marketing sangat diperlukan untuk menunjang model bisnis atau perusahaanmu di era modern seperti sekarang ini.