Search Engine Marketing: Pengertian dan Pemanfaatannya untuk Bisnis – Kamu pernah mendengar istilah Search Engine Marketing? bagi orang awam, mungkin istilah tersebut masih cukup asing didengar oleh telinga. Akan tetapi, bagi kamu yang menggeluti dunia bisnis dan marketing, Search Engine Marketing atau yang disingkat SEM adalah sebuah bentuk strategi marketing selayaknya digital marketing atau pemasaran digital. Bahkan, Search Engine Marketing bisa pula dikategorikan sebagai salah satu bentuk dari digital marketing.
Di era pemasaran atau marketing modern seperti sekarang, penerapan segala hal yang berbau teknologi digital dalam bisnis dianggap menjadi suatu keharusan, termasuk dalam penerapan Search Engine Marketing dalam membantu perkembangan bisnismu. Oleh karena itu kali ini kita akan membahas mengenai seluk-beluk dari Search Engine Marketing (SEM).
Apa Itu Search Engine Marketing atau SEM?
Search Engine Marketing atau SEM merupakan salah satu strategi dalam dunia digital marketing yang memiliki tujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah website, laman atau situs bisnis tertentu yang dikehendaki melalui mesin pencarian seperti Google, Amazon atau Yahoo. Secara umum, kegiatan yang disebut Search Engine Marketing ini ialah membayar atau membeli traffic di dunia maya agar laman kita bisa muncul di urutan teratas dalam pencarian users atau pengguna.
Marketers atau pengguna atau pegiat bisnis yang menggunakan Search Engine Marketing atau SEM, umumnya akan melakukan personalisasi profil yang bertujuan untuk menggaet tipe-tipe audiens yang dikehendaki. Oleh karena itu, strategi marketing yang menggunakan Search Engine Marketing cukup digemari karena memiliki preferensi target atau audiens yang cukup spesifik.
Hal ini tentunya membuat model bisnismu dapat lebih memiliki target yang relevan sesuai dengan apa yang dipromosikan melalui iklan di dunia maya. Langkah ini dirasa cukup efektif dibandingkan menarik hampir seluruh users atau target audiens secara lebih menyeluruh.
Search Engine Marketing atau SEM menjadi sangat penting dalam penerapan digital marketing di era modern saat ini. Hal ini dikarenakan SEM dapat menempatkan laman anda di urutan teratas atau bait pertama dalam mesin pencarian. Umumnya, banyak pengguna bisnis yang akan menempatkan website atau laman model bisnis mereka di urutan teratas atau pertama dalam pencarian. Hal ini tentunya akan memberikan dampak psikologis kepada audiens agar membuka atau meng-klik tautan atau laman bisnis anda untuk menemukan barang atau jasa yang diperlukan saat itu.
Sistem Kerja Search Engine Marketing
Meskipun kita akan membayar untuk bisa melakukan kinerja dari Search Engine Marketing dalam model bisnis kita, akan tetapi ada beberapa hal yang tentunya perlu diketahui guna memaksimalkan kinerja dari Search Engine Marketing tersebut. Kamu sendiri tentunya harus mendorong lebih banyak traffic ke dalam area tertentu dalam laman atau situs yang menjadi target. Secara garis besar, Search Engine Marketing digunakan untuk:
1. Mengalihkan traffic dari pihak pesaing atau kompetitor
Secara garis besar, Search Engine Marketing tentunya digunakan untuk memuluskan langkah dalam persaingan dunia bisnis, khususnya bisnis yang mengedepankan digital marketing sebagai media promosinya. Perusahaan atau produsen yang menggunakan Search Engine Marketing lebih mungkin mendapatkan traffic dibandingkan pesaing bisnisnya yang tidak menggunakan atau kurang maksimal dalam memanfaatkan strategi bisnis tersebut.
2. Membangun merek atau brand tertentu
Salah satu hal yang juga menjadi tujuan dari penggunaan Search Engine Marketing adalah membangun sebuah merek atau brand dari perusahaan tersebut. Selayaknya digital marketing, Search Engine Marketing juga digunakan untuk mempromosikan atau membangun sebuah merek dari perusahaan atau produk yang dihasilkan oleh produsen atau perusahaan tersebut. Hal ini tentunya akan membuat audiens yang ditargetkan menjadi tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan tersebut.
3. Menjual produk atau jasa dari perusahaan pengguna
Hal utama yang menjadi tujuan dari penerapan Search Engine Marketing (SEM) itu sendiri adalah menjual produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan pengguna. Tak dapat dipungkiri, penggunaan Search Engine Marketing memang memiliki tujuan utama untuk menjual barang dengan metode melakukan promosi dengan menarik traffic sebanyak-banyaknya di dunia maya. Semakin banyak audiens atau calon pembeli yang terjaring atau tertarik dengan promosi tersebut, tentunya peluang produk tersebut terjual akan semakin besar pula.
Selain beberapa tujuan di atas, bagi kamu yang ingin menerapkan Search Engine Marketing (SEM) dalam model bisnismu, ada beberapa hal yang perlu diketahui yang menjadi bagian dari Search Engine Marketing itu sendiri. Setidaknya ada 2 hal yang menjadi elemen atau dasar strategi dalam Search Engin Marketing atau SEM, yakni riser keyword dan pengelompokan keyword.
Riset keyword ini sendiri sangat penting dalam pengaktifan Search Engine Marketing. Kamu perlu melakukan analisis kata kunci apa saja yang bisa dimasukkan ke dalam perbendaharaan kata dalam pemrosesan SEM. Kamu perlu melakukan identifikasi terlebih dahulu mengenai kata apa saja yang mungkin akan dicari oleh users atau audiens ketika mencari produk yang kamu buat atau yang sejenis.
Baca Juga Google My Business: Pengertian dan Seberapa Pentingnya Untuk Kegiatan Bisnis
Analisis kata-kata kunci tersebut juga harus mencakup beberapa kata yang mungkin tak ada kaitannya dengan produk anda, akan tetapi kemungkinan memiliki preferensi yang kemungkinan dapat mengarahkan ke produk atau laman dari perusahaan anda. Beberapa contoh kata seperti “diskon”, “beli”, “promo”, “sale” atau “kupon” juga bisa dimasukkan ke dalam perbendaharaan kata kunci di Search Engine Marketing tersebut.
Dalam membuat keyword, kamu tidak boleh sembarangan dalam mendaftarkan kata kunci untuk iklan hasil pencarian. Namun, kamu harus mengelompokkan kata kunci dalam beberapa kategori tertentu. Hal ini tentunya untuk membantu pengelompokkan keyword agar lebih spesifik ketika mesin pencari menelusuri dan menampilkan hasil pencarian teratas kepada audiens.
Search Engine atau mesin pencari memang menggunakan algoritma yang cukup unik dalam menampilkan penelusuran teratas dalam hasil pencarian. Namun, SEM akan memunculkan iklan dari produkmu pada bagian-bagian tertentu sehingga dapat memberikan visibilitas yang lebih baik dan memungkinkan menarik perhatian audiens secara lebih eksklusif. Untuk mencapai hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, antara lain:
- Melakukan registrasi kepada jasa penyedia layanan Search Engine
- Tentukan detail iklan. Hal ini meliputi jenis iklan, lokasi, kata kunci dan hal-hal terkait lainnya.
- Search Engine akan memproses data-data dan keyword anda dengan melakukan metode pelelangan dengan pengiklan lainnya di mesin pencari
- Kamu akan mendapatkan laporan kinerja iklan dan selanjutnya akan membayar sejumlah klik yang didapatkan
Beberapa Manfaat Penerapan Search Engine Marketing untuk Bisnis
Penggunaan Search Engine Marketing (SEM) yang benar tentunya akan memberikan dampak atau manfaat yang baik bagi perkembangan bisnis anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan Search Engine Marketing terhadap bisnismu.
1. Hasil yang lebih cepat
Pembuatan SEM seperti Google Adwords termasuk merupakan sebuah proses yang cepat. Kamu bisa langsung melihat hasil setelah iklanmu tayang di mesin pencarian. Kecepatan inilah yang menjadi keunggulan dari Search Engine Marketing.
2. Menjangkau Audiens yang Diinginkan
Penggunaan SEM tentunya memiliki keunggulan lainnya, yakni dapat menjangkau audiens yang lebih memiliki prospek yang diinginkan oleh perusahaan. Hal ini membuat target marketing dari perusahaan tersebut akan langsung mendapatkan iklan berdasarkan algoritma yang diinginkan.
3. Dapat menyesuaikan kondisi budget
Keunggulan lainnya adalah kamu dapat menyesuaikan kondisi budget dengan iklan di Search Engine Marketing. Hal ini tentunya cukup penting bagimu agar kondisi keuangan perusahaanmu juga cukup stabil.
Nah, itulah beberapa penjelasan singkat mengenai Search Engine Marketing dan keuntungannya dalam bisnismu apabila diterapkan.